Cara Mencari NISN Online, Dijamin Langsung Dapet!

Kamu disuruh cari NISN sama guru kamu ? sama sekolah kamu ?

Wahh ... kebetulan yah ... saya kali ini ingin memberikan tips untuk mencari nisn secara online.

Perhatikan ini

Ada dua cara untuk mencari NISN, yaitu mendatangi langsung ke dinas pendidikan dan mencarinya secara online.

Pergi ke diknas sebenarnya adalah cara yang agak jelimet, dan tidak efektif.

Karena biasanya ... sesampainya disana kita akan diacuhkan jika kita tidak mengenal siapa-siapa, dan kebanyakan pejabat disana (tidak semuanya, hanya sebagian keciiiiiilllllllllll saja) hanya mau bergerak ketika di kasih pelicin.

Saya pernah punya pengalaman seperti ini, dan parahnya ... setelah di cuekin dan harus bayar uang pelicin dia juga cari di internet.

Tau gitu kan mending saya cari sendiri.

NISN Sendiri adalah nomor unik yang dimiliki oleh semua siswa di seluruh indonesia, tidak ada satupun siswa yang tidak memiliki NISN (ini saya jamin)

Hanya saja, tidak semua anak mengetahui bahwa dia memiliki NISN, karena biasanya untuk mencari NISN dibutuhkan data yang benar-benar akurat sesuai dengan data saat siswa dibuatkan NISN oleh sekolah.

Terus kalau begitu, kok bisa ada anak yang mengaku tidak punya NISN ?

Biasanya seperti ini ... siswa tersebut tidak mencari dengan benar , hal ini bisa disebabkan karena saat mendaftarkan NISN sang operator (TU Sekolah/kepala madrasah) menggunakan data yang asal-asalan atau tidak lengkap

Contohnya,j ika nama kamu ada kata “Muhamad”nya, biasa saja sang operator sekolah cuman singkat nama itu jadi “M.” Atau saat mengetik nama kamu ada huruf yang kelewat.

Hal ini sangat lumrah di kalangan operator. Karena kesalahan seperti ini sering sekali terjadi.

---

Ok, kembali ke topik, untuk mencari NISN sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan, yang kamu perlukan adalah Nama, Tempat dan Tanggal lahir.

Kemudian kamu masuk ke website resmi Kemendikbud yang berfungsi untuk mencari NISN, kamu bisa masuk kesana dengan mengklik Link Ini. (Kemendikbud.go.id)

Dan kamu akan melihat tampilan seperti ini.

screenshot gambar website dapodik untuk cara mencari nisn online
Halaman yang bisa kita gunakan untuk mencari nisn

Sebelum kamu mengetikan data pribadi kamu disana, sebaiknya kamu pahami dulu penjelasan saya terkait cara mencari nisn yang dijamin pasti langsung dapat.

#1. Perihal Nama (INI SANGAT PENTING)


Berkaitan dengan Nama, kamu harus yakin nama kamu benar ... tapi bukan benar sesuai akta kelahiran kamu, melainkan benar sesuai dengan data kamu yang ada di sekolah.

Karena di beberapa kasus ada anak yang namanya berbeda antar akta kelahiran dan nama yang didaftarkan sekolah ketika membuat NISN

Dan hal ini sangat penting ... karena jika beda satu huruf saja, NISN yang kamu cari di website Pencarian NISN kemendikbud tidak akan pernah ketemu

Untuk mengatasinya, kamu harus bertanya pada operator sekolah kamu, minta data yang kamu yang benar-benar baru.

Tanya ke operator sekolah kamu tentang data kamu yang dilaporkan ke EMIS Online (tanya ini ke operator, pasti dia tahu) tanya juga ke operator sekolah apakah di data itu (Emis Online), kamu dibuatkan NISN baru atau tidak.

(jika data NISN kamu yang ada di EMIS Online di kosongkan oleh si operator, maka otomatis akan dibuatkan NISN baru)

Dan jika kamu dibuatkan NISN baru, yang harus kamu lakukan adalah meminta data diri kamu sesuai dengan yang di ketik operator di data EMIS.

Ingat yah ... harus sesuai (nama, tempat, tanggal lahir) jika kamu memiliki nama yang ada simbolnya seperti garis (-) atau tanda kutip (‘) maka tulis juga simbol itu

Pastikan juga besar atau kecilnya huruf (kapital atau bukan) karena ini juga pengaruh dalam mencari NISN

#2. Perihal Tanggal Lahir (INI JUGA PENTING)


Nah ... untuk tanggal lahir juga penting, dan bisanya kesalahan yang paling banyak dilakukan ketika mencari NISN adalah dengan memasukan tanggal lahir yang salah.

Sebenarnya bukan yang mencari NISN yang salah (karena yang punya NISN lebih tau data diri) ataupun operator sekolah.

Kebanyakan kasus yang terjadi, biasanya tanggal dan bulan lahir tertukar, hal ini biasa terjadi untuk orang yang lahir pada tanggal 1 sampai 12.

Kesalahan ini biasanya terjadi karena sistem penanggalan komputer yang dipakai untuk mendaftarkan NISN berbeda dengan sistem penanggalan komputer di server kemendikbud.

Jika NISN kamu tidak ada padahal kamu sudah memasukan tanggal lahir dengan benar, maka kamu perlu mengecek tanggal lahir kamu dengan tanggal dan bulan yang dibalik.

Misalkan kamu lahir pada 12 maret 1996 (12-03-1996) dan setelah mencari dengan tanggal itu tidak ketemu, kamu harus coba tanggal 03 desember 1996 (03-12-1996)

#3. Perihal Tempat Lahir (Ini Juga Lumayan Penting)


Untuk tempat lahir sendiri biasanya kesalahan yang terjadi agak sedikit.

Tapi ada beberapa kasus yang agak unik.

Biasanya ada beberapa anak yang memiliki tempat lahir yang agak unik, bukan di kota melainkan di daerahnnya.

Salah satu contoh, ada kasus dimana seorang anak yang harusnya ditulis tanggal lahirnya Sukabumi, malah ditulis dengan pelabuhan ratu.

Nahh ... untuk mengkonfirmasi hal ini, kamu perlu untuk bertanya kepada operator sekolah kamu (lagi)

Jika kamu sudah SMP atau SMA, kamu juga bisa mengecuk SKHUN (SHUN) atau Ijasah kamu, karena biasanya data tanggal dan tempat lahir dikutip dari situ.

Kesimpulan (Apa yang harus diperhatikan ketika mencari NISN)


Akan saya ulang kembali, untuk mencari NISN secara online kamu memerlukan data yang akurat, bukan akurat berdasarkan fakta, melainkan akurat berdasarkan data pendaftaran

Karena di banyak kasus yang terjadi, biasanya data yang dimasukan saat pendaftaran dan dengan data yang benar itu berbeda

Seperti penulisan nama yang salah, (nama yang disingkat), tanggal lahir yang tertukar, dan penulisan tempat lahir yang keliru.

Sebenarnya mencari NISN adalah tugas dari operator sekolah, jadi sebaiknya jika kamu belum bertanya pada operator sekolah kamu maka tanyakan dulu (karena bisa saja, NISN sudah dibuat ulang)

Apabila kamu adalah anak yang baru masuk SMP atau SMA dan saat baru masuk ditanyakan NISN, maka yang harus kamu cari adalah Operator saat kamu masih SD. Dan jika operator SD bilang kamu tidak punya NISN, maka kamu harus meminta data diri kamu yang dibuat untuk EMIS Online (tanyakan pada Operator, semuanya tahu apa itu EMIS Online itu apa) dan mencarinya di website kemendikbud.

Nahh .. itu dia cara mencari NISN dengan cepat dan dijamin pasti dapet.

Sebenarnya mencari NISN itu sangat mudah, kita cuman perlu masuk ke website ini, dan memasukan data diri kita.

Yang susah adalah ... ketika data diri yang kita masukan salah.

Sistem pencarian di website kemendikbud itu tidak secanggih Google, dia hanya akan menampilkan data yang benar-benar tepat dengan apa yang kita ketik.

Sekali lagi, jika kamu kesulitan mencari NISN maka saran saya tagih saja ke Operator sekolah, karna memang operator sekolah yang memiliki kewajiban untuk membauat baru, memverifikasi, dan mencari NISN.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mencari NISN Online, Dijamin Langsung Dapet!"

Post a Comment